Kamis, 13 Juni 2013

Final Exam

Standard

“masuk universitas itu mudah, keluarnya yang sulit”
Salah satu kalimat di cerita sore ini dengan adikku, sekarang saatnya mengerjakan Tugas Akhir Katanya, buat game edukatif untuk anak umur 5 sampai 8 tahun. Aku tau ini moment sakral buatnya, karna aku juga pernah mengalaminya, motivasi dan doa hanya itu yang bisa aku lakukan sekarang, mau bantuin nyelesaiin TA-nya, percuma ga faham sama sekali cara buat Game, Cuma bisa bantuin ngitung penjumlahan +9 ato +8 untuk ribuan angka di software game yang dia buat,,,
Ingat setahun yang lalu di bulan ini juga, moment2 penting menghadapi Prof dan mengejar waktu Compre yang super duper mepet, jadwal compre yang tersisa hanya ada di minggu ke 4 juni dan juli,, aku ingat betul moment itu, saat skripsi tak di ACC untuk ikut ujian compre bulan juni, rasanya remuk,,,
“Prof, apa susahnya tinggal tanda tangan dan Acc, ngumamku dalam hati”. Ada aja yang kurang…
Dan pulang dengan rasa kecewa,,, rasanya mau banting2 yang bisa dibanting. Belum lagi orang rumah Tanya kabar perkembangan skripsi dan kapan bisa ujian,, hargg ,, saranya benar2,, Cuma bisa istigfar.
Kalaupun mau konsultasi dengan pakar yang ahli dengan dunia perSkipsian, tak banyak membantu, paling hanya bisa kasi masukan tentang tatacara penulisan, dan masukan di bab 1 dan 2…
Ya Ampun,, Skripsi macam apa yang aku kerjakan sekarang, kenapa sedikit sekali orang yang faham, marahku tak bisa kutahan sampai dikosan,
Semua Cuma bisa bilang “yang sabar Mbak”…
Cuma bisa Istigfar,,,
Di sudut sebelah kamarku, ternyata ada yang menangis pilu menangisi kisah Skripsinya,,, ya senasib denganku ceritanya,
Berdua hanya bisa saling memotivasi,,tanpa basa-basi untuk saling bantu dan support,
Ingat pertengahan juli saat itu, setelah semua rampung. seminggu lagi pendaftaran kompre di tutup.. moment dag dig dug, karna ini yang terakhir untuk semester ini. Dan skripsi tak kunjung di ACC,,, untuk senyum susah, hanya ada kata ngebut dan berdoa…
Pagi hari di pertengahan juli, kabar yang kuterima dari seoarang teman, “ga ada ujian kompre akhir bulan juli ini, karna masih uas”,,, What’s,,, rasanya puyeng setengah mati, spot jantung, rasa kesal, dan apa yang harus aku bilang ke ayah n mamak,,ya ampun,,, kabar ini tak membuatku tak nyaman,, dan ujian kompre di undur jadi awal agustus kata jurusan,,, Ya Rabbi
Kampus jadi tempat idola untuk beberapa bulan ini khususnya lantai 3 pasca sarjana, yaa ruangan Prof. Iwan tercinta. Hanya ada 2 kali jadwal hari senin dan kamis mulai jam 15.00…
Antrian konsultasi seperti antri beli tiket kereta mudik, bukan hanya program sarjana tapi pasca dan doctoral,,, aissh,, antrian ini tak bisa dipercepatkah? Berjam2 antri hanya bisa konsultasi maksimal 15 menit, kasihan yang ngantri di belakang….
Bagaimana nasibku ? gumamku menghitung hari penutupan ujian kompre,,,
Berdoa dan memotivasi diri untuk berfikir positif hanya itu yang bisa dilakukan sekarang.
Semua syarat kompre dah selesai,, tinggal tanda tangan gumamku dalam hati,, tapi kenapa selalu ada saja yang mengganggu rasa positifku,,, aissh,,
Kata si Boni, mbak emang skripsimu dah di acc,, kok kamu dah ngeprint2 persetujuan kompre dan syarat2nya,, jawabku Cuma buat jaga-jaga, karna ga ada waktu lagi boni..
Kata boni : abstraksi n dapusmu dah di priksa prof iwan, aku loh mbak dah 3 kali benerin abstarksi belum di acc juga,,,
Aku : heehhh !@$%^&* Astagfirulloh,,, Cuma bisa menghela nafas panjang,, (ya, aku kenal prof satu ini, begitu detail, begitu pintar, sampai2 dia tau mana kata2 yang kita tulis sendiri dan mana yang dikutip, jangankan kata2, titik lebih satu aja dia tau,,, perfecto pokoknya),,,
Saatnya giliranku,,, Cuma bisa berdoa dan pasang muka melas (konyol banget klu di ingat2)
Aku (memberanikan diri bilang) : prof, saya bisa ikut ujian bulan ini kah?
Prof : tergantung,, (yuhhh,,,skak mat dah)
Aku : pendaftarannya tinggal besok prof, dan ini ujian kompre yang terakhir smester ini?
Prof : (diam sejenak)… bisa,, tapi ini abstaksimu dan dapusnya masih salah, jadi saya g bisa tanda tangan,,,
Aku : (melas),,, kalau besok saya konsultasi bisa lagi Prof,, (muka sangat melas),,, prof bisa?
Prof : bisa, pagi yaa,,,
Aku : makasi Prof (Alhamdulillah)
Besoknya,,,
Aku : Prof,, udah saya perbaiki sekalian kasi segepok skripsi
Prof : *baca Skripsi pake gaya baca Koran*,, sebenarnya masih ada masalah dengan Skripsi kamu,, kenapa judulnya pake Kredit, kenapa ga pake Pembiayaan??kan kita ngomongin syariah,,
Aku : langsung pucat, salah judul #bubar deh bab 1 ampe bab 5# bunuh diri,, dan ini hari terakhir daftar kompre,, sambil menjelaskan bla,,bla,,bla,,, !@#$%^&*(
Prof : kamu perbaiki yaa,,, sambil menjelaskan apa yang diperbaiki detail…
Aku : ya pak, nanti sore Prof ada?
Prof : ada,, (dengan muka bingung)
Aku : saya selesaikan hari ini yaa pak,,jam 3 sore saya kesini lagi,,,
Prof : oke
Aku : langsung ngacir kosan, dengan rasa campur aduk ga karuan. Pingin nangis,, merubah ini dari bab 1,,ya Rabbi,, ga bisa mikir lagi,,
Ajeng : gmana fah ?
Aku : hiks,,,hiks,,, bla,,bla,,bla,, “dangdut bombay”
Menunjukkan jam 2,, dah rampung,,langsung minggat ke kampus, menemui dosen kesayangnku,,,
Aku : Prof sudah saya lengkapi semua
Prof : *masih belum yakin aku nyelesaiin itu setengah hari.. dia baca
Aku : Prof, saya bisa ikut ujian kan?
Prof : mana syarat2nya? *dan akhirnya di ACC,,,Alhamdulillah walaupun ada beberapa note yang mesti aku perbaiki.
Aku : Makasi Prof,, pingin Nangis,, (langsung ngacir ke jurusan)… Alhamdulillah
Saat2 pulang, ada moment mengharukan dan buat aku nangis Bombay lagi,,,dia sahabatku nungguin aku di depan pagar kosan, sengaja nungguin tuk nanyain kabar aku bisa ikut kompre ato enggak,,
Belum nyampe pagar, aku dah nangis Bombay,, Alhamdulillah aku bisa ikut ujian n lulus semester ini jeng, kataku sambil tak bisa nahan nangis,, dia peluk aku, dan bilang..ga nyangka setelah 2 tahun bisa juga nyelesaikan ini fah. Aku, anti bisa lulus semester ini… wah nangis Bombay di depan kosan,,
Insya Allah, sesulit apapun yang kita hadapi, kalau kita sungguh2,pasti ada pertolongan,
Cepat ato lambat kita ngerjain Skipsi ato TA itu pilihan kita sendiri, kita yang menentukan, ga ada yang ga mungkin…semua pasti ada hikmahnya, kalau kita mau menolong diri kita, insya Allah pasti Allah nolong kita.
Ujian Kompre juga Fine2 aja, malah terbilang cepat, tanpa tekanan dan dapat nilai A. Alhamdulillah
Revisi dikerjakan 1 hari, Alhamdulillah *karna 3 hari setelah ujian Kompre saatnya pulang ke Rumah, dah beli tiket pulang.mau ga mau diselesaikan dalam 1 hari, Alhamdulillah bisa,,,
So,, ga usah takut ngadapin Final Exam,, semua orang pernah merasakan dan tau rasanya gimana, tinggal kita aja yng mengelola semuanya,,kalau kita optimis pasti ada pertolongan Allah disana, kadang kita pesimis aja ada pertolongan,,
Mau usaha itu juga yg paling penting, ga usah takut dengan kata2 dosen killer lah,,pertanyaannya aneh2lah, ntar g bisa jawab gimanah,, buang jauh2 kata2 itu,karna Skipsi dan TA itu karyamu,,, seharusnya yg lebih tau pasti itu adalah kamu,,,karna itu buatanmu,,

So,, Bismillah aja,,dan tunjukkan Semangatmu ^^

Jakarta, 13 June 2013
Arfah

0 comments:

Posting Komentar